Peran Label Halal, Citra Merek, Dan Online Customer Review Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Online Pada Produk Wardah Kosmetik

Authors

  • Utami Puji Lestari Universitas Sunan Giri Surabaya

Keywords:

Halal, Brand Image, Online Customer Review, Purchase Decision

Abstract

The purpose of this study was to determine the variables halal label, brand image, and on1ine customer review have a significant partial or simultaneous influence on purchasing decisions for Wardah Kosmetik online products in Surabaya. The sample in this study were 100 respondents. The analysis technique in this study uses multiple linear regression analysis, t test and F test. the halal label, brand image, and online customer review partially have a significant effect on purchasing decisions. The halal label, brand image, and online customer review simultaneously have a significant effect on purchasing decisions.

References

Agustina, L., Fayardi, A. O., & Irwansyah, I. (2018). Online Review: Indikator Penilaian Kredibilitas Online dalam Platform E-commerce. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 141.

Bulan, Tengku Putri Lindung Kahiril Fazrin. (2017). Pengaruh Label Halal Dan Bonus Dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kinder Joy Pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan No. 2, Vol. 6.

Darmawan, D. & Budiyanto. (2004). Pengukuran Citra Merek Produk Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 99-111.

Darmawan, D. & S. Pantja Djati. (2005). Pengaruh Citra Merek dan Citra Pengecer terhadap Respon Merek dan Respon Pengecer melalui Kepuasan Merek dan Kepuasan Pengecer. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 9(1), 126-143.

Darmawan, D. 2008. Internet Marketing: Menggeser Pemasaran Konvensional. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik, 4(2), 128-148.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2011. Principles of Marketing, Edisi 14. Prentice-Hall Published. New Jersey.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education, Inc

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5.

Madia, P. B. M., & Atmadja, I. B. P. (2019). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Yang Menggunakan Kosmetik Tanpa Pencantuman Tanggal Kadaluarsa. Kertha Semaya: Journal Ilmu Hukum, 7(12), 1–15.

Mahdiyyah, M., & Putriana, N. A. (2019). Analisis Kimia untuk Mendeteksi Kandungan Non-Halal pada Kosmetik. Farmasetika.Com (Online), 4(5), 155–164.

Mardikaningsih, R. & E. A. Sinambela. (2016). Peranan Komunikasi Pemasaran, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kesetiaan Merek. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 33-52.

Mo, Z., Li, Y.-F., & Fan, P. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management, 08(03), 419–424.

Mursyidi, A. (2013). The Role of Chemical Analysis in the Halal Authentication of Food and Pharmaceutical Products. J. Food Pharm.Sci, 1-4.

Puspitasari, U. R. H. (2019). Analisis Pengaruh Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Berlabel Halal. BMAJ: Business Management Analysis Journal, 2(1), 68–77.

Rezeki, S., & Ninie. (2019). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Fasilitas terhadap Tingkat Hunian di PT Karya Cipta Pesona (Aryaduta Medan). Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya (MBEP), 5(1), 1–12.

Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91.

Sartika, L., & Kanya, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pemilihan Produk Pembiayaan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 3 No. 2/Agustus 2019

Setyaningsih & D. Darmawan. (2004). Pengaruh Citra Merek terhadap Efektifitas Iklan, Jurnal Media Komunikasi Ekonomi dan Manajemen, 2(3) Mei, 41-49.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sumartik., Indayani, L., & jannah, Z. (2019). The Influence of Halal Labelization, Brand Image and Product Quality Towards Consumer Purchase Decisions of Wardah Cosmetic Product. KnE Social Sciences, 2019, 13–21.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor

Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, VIII (1), 76–84.

Valianti, R. M., Damayanti, R., & Belakang, A. L. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk (Reva Maria Valianti / Reina Damayanti). Jurnal Media Wahana Ekonomika1–28.

Wahyudi, T. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Remaja Kota Mataram Pada Pembelian Produk Fashion Shopee Online Shop. Jurnal Riset Manajemen, 19(1), 1.

Downloads

Published

2021-07-30