Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Rokok Sampoerna A Mild di Rungkut Surabaya

Authors

  • Jahroni Jahroni Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Farid Al Farisy Karimullah Universitas Sunan Giri Surabaya

Keywords:

Promotion, Product Quality, Price, Brand Image, Purchasing Decisions

Abstract

Every company has a character and a strategy that attracts consumers' buying interest to make a purchasing decision, and before making a purchase decision on a product, and consumers often consider various aspects. The purpose of this study was to determine the simultaneous, partial and dominant effect of promotion variables, product quality, price and brand image on the purchasing decision of Sampoerna A Mild cigarettes in Rungkut Surabaya. The promotion variable, product quality, price and brand image have positive values or in line with the purchasing decision on Sampoerna A Mild cigarette products in Surabaya.  Promotion variable (X1), product quality (X2), price (X3) and brand image (X4) simultaneously and significantly influence purchasing decisions on Sampoerna A mild cigarette products in Rungkut Surabaya (Y ). The four variables three variables significantly influence the purchase decision on Sampoerna A Mild cigarette products in Rungkut Surabaya. Brand Image has a dominant influence on the Purchasing Decision of Sampoerna A Mild cigarettes in Rungkut Surabaya.

References

Al Hakim, Y. R. & S. Arifin. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Rokok, Jurnal Agrimas, 1(1), 29-38

Assauri, Soefyan, 2015 Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiyanto & D. Darmawan. 2005. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Sepeda Motor, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 9(3), 362-377.

Danang, 2018. Pengaruh Citra Merek Dan Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Pengguna Kartu Brizzi Di BRI Unit Sentra Bisnis Driyorejo. Skripsi, Universitas Sunan Giri Surabaya.

Ernawati & D. Darmawan. 2017. Korelasi Lokasi dan Promosi Dengan Keputusan Pembelian Rumah Subsidi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 1-7.

Handoko, V. Rudy. & D. Darmawan. 2004. Pengaruh Kinerja Wiraniaga dan Karakter Demografinya terhadap Kinerja Pasar Perusahaan, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(1), 63-72.

Ilmi. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT sekawan Cosmetics Sidoarjo. Skripsi. Universitas Sunan Giri Surabaya.

Iskandar, M. & D. Darmawan. 2003. Strategi Pemasaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Karina, A., T. Baskoro K. & D. Darmawan. 2012. Pengantar Psikologi, Addar Press, Jakarta.

Khabib 2019. Pengaruh Brand Image, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Mandom Indonesia Tbk. Di Surabaya. Skripsi. Universitas Sunan Giri Surabaya.

Khasanah, H., S. Arum, D. Darmawan. 2010. Pengantar Manajemen Bisnis. Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Kotler, Philip & Kevin Lane Kaller, 2016. Marketing Manajement. 15th Edition Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2016 Marketing Manajemen. Editan New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip & Gary Amstrong 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mahyanaila, R. 2016. Manajemen. Addar Press, Jakarta.

Manap, A. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran Jakarta: Mitra Wacana Media.

Mardikaningsih, R., A. Gunawan, D. Darmawan & A. Karina. 2015. Manajemen, Teknologi, dan Bisnis, Addar Press, Jakarta

Mardikaningsih, R. & E. A. Sinambela. 2016. Peranan Komunikasi Pemasaran, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kesetiaan Merek, Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 33-52.

Mardikaningsih, R. 2019. Pengaruh Persepsi Kualitas dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Susu Formula, Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah, 1(1), 1-8.

Mardikaningsih, R. & D Darmawan. 2020. Sistem Pengendalian Mutu. Metromedia, Surabaya.

Masitoh, Dewi, D. Darmawan & E. A. Sinambela. 2017. The Effect of Service Quality and Trust on Customer Loyalty of Warung Apung Rahmawati of Mojokerto Branch, Jurnal Agrimas, 1(2), 107-114.

Purnamasari, E., D. Darmawan, & D. Baskara. 2002. Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 34-46.

Putra, A.R. & S. Arifin. 2020. Komunikasi pemasaran, Metromedia, Surabaya.

Putri 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Samperna A-Mild Di Kota Kediri, Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rhamadani 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Gatsby Hair Styling di Surabay. Skripsi, Universitas Sunan Giri Surabaya.

Simamora, Bilson, 2015. Pemasaran, Strategi, cetakan ke-1 edisi 1, Tanggerang Selatan. (Universitas Terbuka)

Sinambela, E. A. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Bubuk Kemasan, Management & Accounting Research Journal, 1(2), 44-49.

Sinambela, E. A., P. P. Sari., & S. Arifin. 2020. Pengaruh Variabel Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Wingsfood. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Ekonomi (Akuntabilitas), 13(1), 55-70.

Sugiyono 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&G. Bandung Alfabeta

Sugiyono, 2015. Statistika untuk penelitian. Edisi ke 16. Bandung.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif Dan R&G. Bandung Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodelogi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogjakarta: Penerbit Pustakabarupress.

Sunyoto, Danang. 2015. Prilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Suparyanto & Rosyad 2015. Manajemen Pemasaran, Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi & Gregorius Candra, 2016 Service, Quality & Satisfaction Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, Fandy 2019. Pemasaran Jasa, Penerapan dan Penelitian. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Yanti, Yulianti. & Yuliana. 2018. Manajemen Pemasaran, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Published

2021-01-29